Home » » Bagaimana Langkah Memulai Bisnis Online?

Bagaimana Langkah Memulai Bisnis Online?

Kita mungkin sudah tak asing lagi dengan kalimat bisnis online. Telah banyak juga muncul nama-nama beken yang terlebih dahulu sukses menjalankan profesi ini. Sebut saja Anne Ahira, Joko Susilo, Cosa Aranda, dan masih banyak lagi.

Meskipun sudah banyak yang berhasil, namun tak sedikit pula yang mengalami kegagalan. Biasanya kegagalan sering terjadi karena kurangnya fokus. Lebih dari itu, banyak pula yang gagal karena belum mengerti bagaimana proses yang benar dalam memulai bisnis online. Atas dasar tersebut, disini akan kita uraikan langkah demi langkah bagimana memulainya.

Langsung saja, langkah yang pertama ialah  Menentukan Ide. Ide sangatlah penting untuk kelangsungan bisnis online yang akan kita bangun. Pada langkah ini anda harus tau bisnis yang anda bangun ini nantinya akan seperti apa. Apakah menjual produk orang lain, atau menjual produk sendiri. Produk digital, atau produk fisik, dan seterusnya.

Kedua lakukan Riset Pasar. Disini anda harus menentukan siapa target marketnya. Apakah orang tua, anak-anak, mahasiswa, laki-laki, perempuan, dan lain lain. Setelah mengetahui target marketnya, cari tau siapa pesaingnya dan seberapa banyak yang mencarinya (pasarnya). Bagaimana mengetahuinya, disini kita akan menggunakan alat bantu yang dinamakan keyword tool. Tentang detail teknik penggunaanya, akan kita bahas nanti pada artikel mendatang.

Setelah kedua langkah diatas, selanjutnya kita mulai membuat website. Dalam membuat website ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satu diantaranya yaitu pemilihan nama domain. Pemilihan nama domain sangatlah penting. Ini nantinya yang akan jadi "Brand" bisnis online kita.

Setelah langkah-langkah diatas selesai kita lakukan, saatnya mempromosikan situs/website kita. Disini ada beberapa teknik dan aturan yang harus dipahami dalam mempromosikan sebuah website. Pada langkah ini kita akan mengenal yang namanya SEO, Social Media Marketing, dan lain-lain.

Selamat mencoba, salam sukses :)

0 comments:

Post a Comment