Home » » Bagaimana Mencari Target Market Kita dan Mengetahui Siapa Pesaingnya

Bagaimana Mencari Target Market Kita dan Mengetahui Siapa Pesaingnya

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan bagaimana langkah-langkah memulai bisnis di internet. Pada tahap kedua, disitu disebutkan bahwa kita harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Silahkan lanjutkan membaca untuk mengetahuinya.

Berbeda dengan bisnis konvensional (offline) pada umumnya, bisnis di internet memiliki banyak kelebihan. Diantaranya dalam hal riset pasar.  Di internet kita bisa dengan mudah mencari target market dan siapa pesaingnya. Dimana hal itu tidak ditemukan pada bisnis offline.

Salah satu alat yang sangat membantu kita dalam melakukan hal tersebut yaitu google keyword planner / perencana kata kunci. Bisa kita gunakan secara gratis dengan mendaftar terlebih dahulu dengan menggunakan akun gmail kita. Dangan alat ini kita bisa dengan mudah mencari target market, mengetahui pesaingnya, dan seberapa banyak yang membutuhkannya.

Misalnya kita ingin berjualan baju batik, pertama kita buka halaman google keyword planner.
Klik pada tombol Telusuri ide kata kunci dan grup iklan.
Kita akan dihadapkan dengan tampilan seperti ini :
Pada kolom yang ditandai paling atas, isikan dengan produk yang akan kita riset, dalam hal ini sebagai contohnya ialah baju batik. Setelah diisi, atur penargetan. Karena yang akan kita bidik nantinya adalah pasar lokal, kita pilih indonesia sebagai negara yang kita bidik dan bahasa indonesia yang digunakan. Setelah itu klik tombol dapatkan ide yang letaknya telah saya tandai pada gambar diatas.

Dari keterangan pada gambar diatas, kita sekarang mengetahui bahwa setiap bulan, di indonesia ada kurang lebih 27.100 yang mencari produk baju batik (dengan melakukan pencarian di google). Disitu juga dapat kita lihat bahwa tingkat persaingan untuk produk tersebut tinggi. Saat menentukan produk apa yang akan kita tawarkan, sebaiknya kita mencari yang tingkat persaingannya rendah tapi memiliki jumlah penelusuran yang besar tiap bulannya. 

Sekarang kita telah tau seberapa banyak orang yang mengetikkan baju batik tiap bulannya, dan bagaimana tingkat persaingannya. Lalu bagaimana kita bisa mengetahui siapa pesaing kita? Silahkan anda menuju halaman google.co.id. Ketikan kata kunci baju batik pada kolom pencarian. 
Pada gambar diatas terlihat bahwa ada sekitar 4 juta hasil pencarian. Dalam hal ini ada sekitar 4 juta pesaing agar kita bisa muncul dihalaman pertama pencarian google. Bagaimana caranya agar bisa menempati urutan pertama? Akan kita bahas pada artikel mendatang. Sampai jumpa... :)


0 comments:

Post a Comment